Moon Phase

Rabu, 09 November 2011

[TIPS] Internetan di Gelanggang Mahasiswa UGM

Internet wi-fi atau bahasa ngetrennya "hotspot" sudah banyak bertebaran di Indonesia. Mulai dari yang gratisan sampe yang minimal kudu beli minum biar ga tengsin nanyain passwordnya. Universitas Gadjah Mada sebagai salah satu PTN terbaik di Indonesia juga menyediakan layanan hotspot gratis di seluruh wilayah kampusnya, bahkan universitas ini memiliki pusat server yang sangat besar (gedungnya) dan tinggi (towernya).

Sebagian kecil mahasiswa yang aktif berorganisasi dan beraktifitas akan selalu berlabuh di Gelanggang Mahasiswa, sehingga tampak seperti miniatur masyarakat yang penuh dengan idealisme dan menantang realitas. Kalau lagi nongkrong di sini, udah lumrah banget ngeliat orang internetan dimana-mana, mulai dari foodcourt sampai lorong sekretariat pasti banyak yang ngenet.
Kalau orang-orang baru yang mungkin baru saja atau jarang ke Gelanggang biasanya akan mengalami sedikit problem kalau mau connect, entah itu Limited connectivity sampai koneksi super lemot.

Buat yang baru pengen nyoba internetan di Gelanggang, perhatikan bahwa posisi menentukan prestasi!
ini tips dari aku:
1. Pilih router yang sinyalnya paling kuat dan stabil, di gelanggang ada 3 router yang aktif, tergantung posisi silakan pilih sinyal yang paling kuat

2. Bila terjadi Limited Connectivity, silakan atur IP Address dan DNS secara manual. Konfigurasinya bisa ditanyakan ke orang sekitar yang lagi internetan.

3. Bila orang tersebut lagi hoki ternyata IP Addressnya otomatis, minta ijin liat detail koneksinya supaya bisa ngeliat IP Addressnya doang.
Contoh, IP addressnya 192.168.2.33
address yang saya bold adalah angka pentingnya, karena itu bisa dibilang nomer ID router yang dipakai jadi kamu bisa ngatur sendiri IP Address mu. Angka yang di underline kamu ganti antara 2 - 254, pilih aja mau yang mana. Kalau nanti angkanya sama dengan komputer orang lain yang udah connect duluan, nanti kita bakal Limited connectivity  - IP Conflict, jadi tinggal ganti lagi sampe ga conflict.
contoh:
IP Address: 192.168.2.34
Subnet Mask: Tab aja, ntar terisi otomatis
Gateway: 192.168.2.1  > angka yang di garis bawahi itu akan selalu 1 untung gateway kalau kita hotspot-an, itu alamat router nya yang bakal nyambungin kita ke server

DNS: masukin aja yang kamu tau, kalau aku make 8.8.8.8 (DNS dari Google), bisa juga liat dari openDNS
selesai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar