Moon Phase

Senin, 20 Juni 2011

Penambahan dari prekursor serta pengaturan metabolik pada media

beberapa komponen medium membantu pengturan produksi drpd membantu pertumbuhan m.o., contoh; prekursor, penghambat, dan penginduksi utk memanipulasi fermentasi. Beberapa bahan kimia bila ditambahkan dalam media fermentasi lgsg ikut dalam hasil, contoh: produksi penisilin menggunakan CSL untuk menaikka produksi penisilin dari 20 unit/cm2 menjadi 100 unit. CSL mengandung fenil etil amina yg ikut menyusun molekul penisilin dan menghasilkan bensilpenisilin (penisilin G). penambahan asam fenil asetat dan derivatnya menaikkan produksi bensilpenisilin.

PENGHAMBAT

bila penghambat tertentu ditambahkan pada media fermentasi terbentuk produk spesifik, atau "hasil antara" metabolic tertimbun. contoh: penambahan Na.bisulfit pada produksi Gliserol akan menekan produksi asetaldehid .

PENGINDUKSI
 enzim penginduksi disintesis akibat tanggapan thd lingkungan yg ditambah dgn penginduksi. Untuk meningkatkan produksi kadang perlu ditambahi seny. penginduksi agar terbentuk enzim penginduksi.

KEBUTUHAN OKSIGEN
medium mempengaruhi tersedianya oksigen dgn cara:
1. metabolisme cepat
kultur kekurangan oksigen karena oksigen yg cukup tdk dpt diperoleh. oksigen merupakan faktor penting dlm proses fermentasi untuk mengatur kecepatan pertumbuhan maupun metabolisme utk membuat fermentasi cocok, contohnya gula yg dimetabolisme cepat membutuhkan oksigen yg tinggi.

2. kekentalan
komponen individu dlm medium dpt mempengaruhi kekentalan yg selanjutnya mempengaruhi aerasi dan pengadukan

3. antifoam
buih merupakan satu masalah. bbrp antifoam digunakan dan akan berfungsi sbg surfaktan dan mereduksi kecepatan transfer oksigen.

terbentuknya buih menyebabkan sel keluar dari medium sbg akibat terjadinya otolisis dan protein dari sel menaikkan stabilitas buih. ada 2 cara mengatasi buih berlebihan,
1. diusahakan untuk memurnikan brp nutrisi kompleks dan modifikasi bbrp parameter fisik.
2. bila buih tdk dpt diatasi, tmbah antifoam spt: alcohol, stearyl, dan oktil dekanol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar